Kelas 2 ( Tema 2 Sub tema 1 PB 6)
PEMBELAJARAN 6 TEMA2 SUBTEMA 1 BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS 2
Matematika : Perkalian dua Bilangan
Contohnya:
Ali mengambil buah jeruk sebanyak 6 kali, setiap mengambil membawa 4 buah jeruk => 6 kali, 4 => 6 x 4.
Konsep “enam kali” sangat berbeda dengan konsep “empat kali”.
Dengan demikian kata “KALI” mempunyai makna tersendiri, bukan sekedar simbol operasi/bahasa matematika. Tetapi nantinya dikaitkan dengan aplikasi pada mata pelajaran lain sesuai dengan tema yang diajarkan di SD, terutama pada kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran tematik.
Dasar dari pembelajaran ini adalah bahwa siswa lebih dahulu mengerti tentang penjumlahan. Kemudian dengan jembatan pengetahuan sebelumnya, digunakan untuk menginjak ke pembelajaran selanjutnya tentang perkalian.
Anak lebih dahulu telah mengerti bahwa 4 + 4 + 4+ 4 + 4 + 4 hasilnya adalah 24.
Dari konsep itu anak dibawa pada pemahaman tentang perkalian,
bahwa 4 + 4 + 4+ 4 + 4 + 4 dibaca bilangan 4 ada 6 kali dengan kata lain 4-nya 6 kali.
Diubah ke bahasa matematika menjadi 6 kali 4 ditulis dengan simbol matematika menjadi 6 x 4.
Jadi: 6 kali, 4 (6×4) berbeda dengan 4 kali, 6 (4 x6).
Tugas
1. Latihan sub tema 1 halaman 26-27
Komentar
Posting Komentar